Senin, 04 April 2016
Berlangganan

Semua Dalam Pengawasan Allah SWT



“Dia mengenal apa yang di daratan serta di lautan, serta tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dirinya mengenalnya (pula),…” (QS. Al – An’am:59)

Sahabat dunia islam, salam sejahtera bagi kami semua semoga kami rutin di berbagi kesehatan supaya rutinBisa beribadah terhadap Allah SWT, membaca ayat di atas pasti kami telah paham sesungguhnya Allah lah yang menciptakan alam semesta ini serta Allah lah yang mengenal segala sesuatu yang bergerak maupun yang tak bergerak semua itu atas ijin Allah SWT serta Semua DalamSupervisi  Allah SWT.

Ulama tafsir membahas salah satunya merupakan Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-sa’di, salah satu ulama ahlussunah bahwa ayat yang agung ini tergolong ayat paling besar yang membahas ilmu Allah yang menyeluruh bahwa ia meliputi seluruh yang ghaib. Serta sebagian darinya Allah SWT tunjukan terhadap siapa yang di kehendakinya. Serta pasti tak sedikit lagi ilmu tak di ungkapkan terhadap para malaikat yang dekat sekalipun, serta para nabi yang diutus, lebih lebih pada mahluk lain tidak hanya mereka.

Allah mengenal apa yang ada di langit, daratan serta di tempat tempat sepi, juga mencakup binatang tanpa terkecuali, pepohonan, pasir kerikil serta debu. Segala yang nasib maupun benda mati. Begitu juga fauna yang di laut, ikan serta lainya yang ada di dalam air. Maha besar Allah atas segala sesuatu begitu penjelasan yang di ungkapkan ulama tafsir ini.

Dari penjelasan di atas padat di tarik kesimpulan bahwa ketika kami merenungkan dengan akurat, tak ada satu tempat pun di muka bumi ini yang luput dari pengawasan Allah Ta’ala.sampai bisikan dalam hati manusia pun Allah SWT mengenalnya. Allah ta’ala berfirman : Artinya : ‘padahal Allah mengenal apa yang mereka sembunyikan ( dalam hati mereka) ‘ (QS. Al-Insyiqaaq : 23)

Sungguh maha besar kekuasaan Allah SWT, tak ada yang luput dari pengamatan serta pengawasan Allah ta’ala. Bahkan daun yang jatuh pun Allah amat mengenalnya. Allah ta’ala berfirman : Artinya : ‘ Dirinya mengenal apa apa yang  di daratan serta di lautan, serta tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dirinya mengenalnya (pula),… ( QS. Al-an’am : 59).

Ibnu Katsier juga membahas, ilmu Allah yang maha mulia itu meliputi segala sesuatu, baik yang ada di darat maupun yang ada di laut, serta tak ada sedikit pun dari faktor itu yang tersembunyi dari-NYA, tak juga sekecil apapun di bumi maupun di langit yang luput dari pengamatanya. Inilah bukti kebesaran Allah yang Maha Agung.

Allah Dzat Maha Mulia lagi Maha Mengenal, Maha Menyaksikan serta Maha Meliputi seluruh makhluk-makhluknya. Allah ta’ala berfirman : artinya ‘ Allah –lah yang menciptakan tujuh langit serta semacam itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, supaya kalian mengenal bahwasanya Allah Maha Kuasa segala sesuatu, serta Sesungguhnya Allah ilmu-ilmu-NYA benar- benar meliputi segala sesuatu’. (QS. Ath-Talaq:12).

Naman, terkadang manusia lupa serta lalai bakal faktor itu. Ketidak sedikitan orang yang meperbuat peruatan dosa serta kejahatan serta lain sebagainya., melakunya dengan cara diam diam seolah dirinya tak ada yang menontonnya. Terkadang manusia meperbuatya dengan dengan cara sembunyi sembunyi seolah mereka merasa aman dari pengawasan serta pengawasan Allah SWT. Allah berfirman : artinya “ Sesungguhnya Tuhanmu benar benar mengawasi”. ( QS. Al- Fajr:14). Serta Allah juga berfirman dalam ayat lain . “Padahal sesungguhnya bagi kalian ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaan-pekerjaanmu) serta mencatat pekerjanmu), yang mulia (disisi Allah) serta mencatat (pekerjaan pekerjaan mu itu), mereka mengenal apa yang kalian kerjakan”. (QS. Al-Infithar:10-11).

Wallahu a’lam.


Sumber :duniaislam ,org