Kamis, 31 Maret 2016
Berlangganan

Inilah Amalan Ringan yang Pahalanya Lebih Besar dari Shalat dan Puasa



Baitsalmaqdis - Dari dulu sampai saat ini tak sedikit kaum muslim
yang berpendapat bahwa amalan  wajib yang diperintahkan oleh Allah semacam shalat, puasa serta zakat mempunyai ganjaran pahala yang paling besar. Oleh sebabnya tak sedikit orang yang rajin mengerjakannya.

Dengan andalan mereka bakal memperoleh keberkahan nasib serta pahala berlimpah dari Allah. Padahal sebetulnya, tidak hanya tiga amalan ini tetap ada juga amalan-amalan lainnya yang mempunyai ganjaran jauh lebih besar.
Bahkan amalan tersebut dianggap sangat sepele serta tak jarang terlupakan oleh sebagian orang. lantas amalan apakah yang mempunyai ganjaran pahalanya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan amalan-amalan  wajib tersebut? Berikut info selengkapnya. 

Nyatanya amalan yang mempunyai pahala lebih besar dari shalat serta puasa itu adalah menyambung silaturahim. Faktor ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari serta Muslim, sebuahketika bertanya terhadap para sahabatnya, ''Maukah anda aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat serta puasa? Yaitu engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, serta

barangsiapa yang ingin panjang usia serta tak sedikit rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi.''

Dalam Hadis lain, Rasulullah bersabda, ''Tebarkanlah salam, perkuat silaturahmi, santunilah fakir miskin, serta jangan tinggalkan shalat malam.'' (HR Muslim). 

''Barang siapa percaya terhadap Allah serta hari akhirat, hendaklah mengadakan silaturahmi.'' (HR Bukhari-Muslim). 

''Beribadah terhadap Allah dengan tak menyekutukan-Nya, melaksanakan shalat, mengeluarkan zakat, serta mengadakan silaturahmi,'' demikian jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya mengenai lakukanan apa yang baik  wajib dilakukan. (HR Bukhari). 

Nabi Muhammad SAW adalah teladan yang terbaik dalam memberbagi maaf terhadap musuh. Diriwayatkan oleh Abdullah bin 'Auf: “Kami waktu itu sedang berkumpul bersama Rasulullah SAW serta beliau bersabda, 'Janganlah duduk bersamaku, orang yang memutuskan persaudaraan.' Mendengar ucapan tersebut, seorang pemuda berdiri meninggalkan majelis.”

Nyatanya pemuda tersebut sudah lama bertengkar dengan bibinya. Seusai mendengar ucapan dari Rasulullah tersebut ia lalu meminta maaf terhadap bibinya serta bibinya pun memaafkannya. Seusai itu dirinya kembali ke majelis, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya rahmat Allah tak bakal turun jika yang di situ ada orang yang memutuskan tali persaudaraan.”

Perkataan Abu Darda r.a di atas juga dilandasi oleh salah satu hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang artinya “Maukah aku kabarhukan terhadap anda sebuahamalan yang lebih mutlak dari derajat mereka yang berpuasa, shalat, serta bersedekah?”

Sontak para sahabat pun langsung menjawab “Tentu wahai Rasulullah.”

Rasul pun segera melanjutkan perkataannya “(ialah) mendamaikan seseorang yang berselisih. Sebab sesungguhnya kerusakan dari perselisihan adalah terkendalainya seseorang dari memperoleh pahala.”

Demikianlah info mengenai amalan yang lebih besar pahalanya dari pada amalan harus. Oleh sebab itu, sebagai kaum muslim hendaknya kami senantiasa menjalin silaturahim terhadap sesama kaum muslim supaya Allah SWT rutin memberbagi keberkahan nasib bagi setiap umat-Nya. 

Sumber: Infoyunik,com