Senin, 28 Maret 2016
Berlangganan

Ketahui! Puluhan Ribu Malaikat Memohon Ampunan Bagi Pembaca Surat Ini

Baitsalmaqdis - Umat Islam diperintahkan supaya rutin
berpegang teguh terhadap Alquran. Setiap kalimat-kalimat yang ada pada kitab suci tersebut, adalah perkataan Allah SWT yang disampaikanHarta benda aikat Jibril terhadap Nabi Muhammad SAW.

Di dalamnya tersedia 114 surat dengan kandungan serta makna yang begitu dalam. Tak hanya itu, masing-masing surat dalam Alquran juga mempunyai keutamaan masing-masing. Semacam pada salah satu surat berikut ini.

\Sumber: Infoyunik.com
Berdasarkan hadist Nabi, pembaca surat ini bakal dimohonkan ampunan dari tujuh puluh ribu malaikat. Sungguh suatu  kehormatanBisa mendapat doa dari makhluk Allah yang sangat taat tersebut. Lantas surat apakah yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Surat yangBisa dibaca untuk memperoleh keistimewaan tersebut adalah surat Ad-Dukhoon. Surat ke-44 ini turun di Kota Mekkah dan mempunyai 59 ayat. Ad Dukhoon mempunyai pengertian kabut asap, sebab di dalamnya tak sedikit menceritakan mengenai asap.

Hadist mengenai keutamaan surat ini berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya

"Barangsiapa membaca Ad-Dukhoon (QS.44) pada sebuahmalam, maka tujuh puluh ribu malaikat memohonkan ampun baginya." (HR Tirmidzi).

Hamba yang dimuliakan Allah SWT ini mendoakan manusia supaya mendapat ampunan dari Allah. Mereka tak bakal memberbagi syafaat kecuali terhadap orang-orang yang diridhai Allah. Mereka beristigfar supaya orang-orang yang beriman diampuni kesalahan dan dosanya terhadap Allah.

”Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atas (sebab keagungan Rabb) dan malaikat-malaikat bertasbih dan memuji Rabb-nya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang , “ (Qs. Asy-Syura : 5 ).

Doa dan istigfar dari malaikat ini adalah kasih sayang mereka terhadap manusia. Istighfar para malaikat lebih kuat dikabulkan sebab mereka mendoakan dari tempat yang tak dilihat dan tak diketahui manusia yang didoakannya.

Dan doa seperti ini, dalam hadits shahih, lebih kuat dikabulkan. Ini tak lain, sebab malaikat menonton dosa-dosa yang diperbuat manusia dan mereka juga tahu akibat kurang baik akibat dari dosa-dosa tersebut. Jadi istighfar untuk kaum mukminin yang lebih dahulu mereka perbuat, kemudian doa-doa kebaikan untuk mereka.

Tetapi demikian, adanya keistimewaan dalam sebuah surat bukan berarti surat lainnya tak utama. Keistimewaan adalah kelebihan tetapi bukan berarti satu surat lebih rendah daripada surat lain. Sebab sejatinya, Nabi Muhammad SAW memerintahkan kami supaya mendalami seluruh Alquran, bukan surat-surat tertentu saja.  

Sumber: Infoyunik,com