Kamis, 31 Maret 2016
Berlangganan

Inilah Yang Tidak Akan Hancur Saat Hari Kiamat Tiba



Baitsalmaqdis - Saat mendengar kata hari kiamat,
maka yang ada dibenak adalah suatu  kehancuran bumi dengan segala isinya, pada saat itu manusia semacam anai-anai yang bertebaran dan segala yang nasib di dunia bakal mati. Ketika sangkakala (terompet) ditiupkan olehHarta benda aikat Israfil, maka seluruh semesta beserta isinya bakal lenyap seketika. Bahkan malaikat Israfil yang bakal meniupkan sangkakala itu pun bakal binasa.
Meski terjadi kehancuran yang tak bersisa, tetapi ada hal-hal yang dalam kekuasaan-Nya masih utuh. Semacam yang diungkapkan Imam Al Barbahari “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kehancurannya maka bakal hancur, kecuali surga dan neraka, ‘Arsy, Al-Qalam dan Lauh Mahfuzh,”. Lantas benarkah pernyataan tersebut?

Inilah Yang Tak Bakal Hancur Saat Hari Kiamat Tiba

  1.Surga dan Neraka
Apabila sangkakala ditiupkan, nyatanya ada yang tak hancur, yakniNirwana dan Neraka. Dalam faktor ini Allah SWT telah menyebutkan kekelan surga dan neraka dalam tak sedikit ayat.Keliru satunya dalam QS. Huud, 106-108 yang artinya

“Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan luar biasa nafas (dengan merintih), mereka abadi di dalamnya selagi ada langit dan bumi, kecuali apabila Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dirinya kehendaki. Adapun orang-orang yang bertersanjung, maka tempatnya di dalam syurga, mereka abadi di dalamnya selagi ada langit dan bumi, kecuali apabila Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.” (QS. Huud: 106-108)

Maksud dari ayat tersebut ialah tersirat bahwa surga dan neraka itu adalah kekall, tak bakal binasa dan tak bakal ditetapkan kematian terhadap keduanya

2. ‘Arsy alias Singgasana Allah SWT
Selanjutnya yang tak bakal hancur adalah Arsy Allah SWT. Dimana Arsy ini adalah singgasana Allah SWT. Faktor ini diungkapkan dalam firman-Nya
yang berarti:

“Dan mereka mengatakan"Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya terhadap kami dan telah memberbagi tempat ini (surga) terhadap kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.” Dan engkau (Muhammad) bakal menonton malaikat-malaikat melingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih  sambil memuji Tuhannya; lalu diberbagi keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) dengan cara adil  dan dikatakan, "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam .” (Q.S. Az-Zumar, 74-75)

Al ‘Arsy tak tergolong dalam makhluk-makhluk yang diciptakan selagi enam hari, dan tak dibelah dan dipecah. Bahkan hadist-hadist yang mashur menegaskan apa yang ditunjukan Al-Qur’mengenai ketidakpunahan Al’Arsy.

3. Kursi Milik Allah SWT
Selain singgasana Allah SWT, ada pula kursi milik Allah, semacam apa itu kursi Allah. Rasulullah SAW bersabda “Tidaklah langit yang tujuh dibanding kursi kecuali laksana lingkaran anting yang diletakkan di tanah lapang. (HR. Ibnu Hiban, No.361, Shahih).

Sesungguhnya kursi Allah tak bakal hancur sebagaimana halnya ‘Arsy berdasarkan ulama.

4. Lauh Mahfuzh
Apabila singgasana Allah yaitu Arsy tak bakal hancur, maka sama halnya dengan Lauh Mahfuzh, dimana ini adalah kitab tempat Allah untuk menuliskan segala catatan alam semesta. Adapun nama lain Lauh Mahfuzh dalam Al-Qur’an yaitu Ummu Al-Kitab, sebagaimana yang telah dikatakan Allah yang artinya:

“Tiada sesuatu pun yang ada di langit dan di bumi, melainkan tersedia dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)” (Q.S. An-Naml:75)

Maka dari itu Lauh Mahfuzh pun tak bakal hancur berdasarkan Ij’ma ulama

5. Qalam alias Pena
Qalam alias pena nyatanya juga tergolong ciptaan Allah SWT yang tak bakal hancur ketika sangkakala ditiupkan. Menurut berbagai ulama, Qalam alias pena adalah makhluk yang pertama diciptakan oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya makhluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah Al-Qalam, kemudian Allah berfirman kepadanya: Tulislah! kemudia Al-Qalam mengatakan”Wahai Rabb ku, apa yang bakal aku tulis? kemudian Allah berfirman, Tulislah ttakdir segala sesuatu hingga datang hari kiamat” (HR. Abu Dawud, shahih).

6. Tulang Ekor
Selain itu, meskipun tiupan sangkakala itu bisa menghancurkan manusia, tapi nyatanya sangkakala tak bisa menghancurkan tulang ekor manusia.

“Tiada tahap dari tubuh manusia kecuali bakal hancur (dimakan tanah), kecuali satu tulang yaitu tulang ekor, darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat” (HR. Bukhari, No.4953)

7. Ruh
Dan yang terbaru adalah ruh. Ruh ini tak bakal hancur alias binasa saat sangkakala ditiupkan. Sebab makhluk yang binasa disaat itu bakal dicabut ruhnya dan meninggal dan kemudian Ruh ini dikembalikan ke jasadnya disaat hari kebangkitan. Faktor ini disepakati ulama bahwa Ruh tak bakal hancur.

Beriman terhadap hari kiamat terbukti diharuskan, sebab faktor tersebut tergolong dalam Rukun Iman yang ke lima. Semoga info ini meningkatkan wawasan dan keimanan kami terhadap Allah SWT. Terimakasih telah membaca.

Sumber: Infoyunik ,com